• Untung Masih Beruntung Ikhtiar mencari kesembuhan adalah suatu keharusan. Tak ada kata menyerah untuk mencari kesembuhan....
  • Buletin TN 4/2012 Telah diterbitkan buletin edisi ke-4 2012 Trigeminal Neuralgia Indonesia
  • Trigeminal Neuralgia ? Penderitaan nyeri di gusi, gigi, wajah yang tidak tertahankan, diluar batas kemampuan menahan nyeri...
  • Profil Dokter Kami memahami dengan baik kebutuhan pelayanan bedah saraf secara personal dengan fasilitas kedokteran yang canggih dan ...
  • Profil Pembimbing Seorang ahli bedah saraf memiliki tanggung jawab sangat besar "secara fisik yang saya bedah memang otak, tapi....

Kemeriahan menghiasi acara gathering yang diadakan di Hotel Gran Senyiur Balikpapan tepatnya di Grand Ballroom lt. 2 Gran Senyiur dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang memenuhi ruangan itu. Dan gathering di Balikpapan merupakan pertama kalinya bagi Brain and Spine Community.

IMG 7522

Mereka yang diundang terdiri dari pengusaha, dokter, perawat dan pemerhati kesehatan yang antusias menerima penjelasan teknik baru bedah saraf yang memungkinkan pasien dapat pulih secara cepat dengan biaya yang lebih ekonomis.

Salah satunya ialah pengusaha beken Balikpapan, Jos Soetomo (69), pada dua tahun lalu sembuh dari operasi spondylosis cervical alias kecetit leher. Atas undangan Jos inilah tim BSC datang memberikan edukasi dan informasi bagi masyarakat dengan membawa serta dr. M. Sofyanto, SpBS dan tim. 

Jos saat membuka acara memberi salam dengan mengucapkan, "AKU bangsa Indonesia! Aku bangga Indonesia! Merdeka...merdeka! Hadirin pun menyambutnya sehingga cukup menghangatkan acara Gathering Brain & Spine Community (BSC) di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Minggu (10/3/2013)

Selain itu Jos juga mengatakan bahwa gathering kali ini merupakan kebangkitan kedokteran Indonesia. "Saya nyatakan hari ini adalah hari kebangkitan kedokteran Indonesia," katanya. 

Jos memberi pernyataan demikian karena ia pernah mengalami sakit selama sepuluh tahun akibat kecetit leher (spondylosis cervical). 

Ia akhirnya sembuh setelah menjalani operasi di Surabaya oleh dr. M. Sofyanto SpBS. Jos sebelumnya sudah mencari kesembuhan baik di luar negeri maupun dalam negeri.Di China, yang disebut-sebut sebagai salah satu kiblat ilmu kedokteran ia juga tidak menemukan kesembuhan.

Minggu (10/3) BSC diketuai Dr. Lilih Dwi Priyanto yang menjelaskan mengenai misi BSC di Gathering itu. Pada intinya anggota BSC adalah mantan penderita sakit brain (otak) dan spine (tulang belakang) akan selalu mengedukasi dan memberi informasi kepada masyarakat.

"Kami lembaga nirlaba, komunitas ini terbentuk karena kami mantan pasien mengerti benar apa yang kami rasakan," katanya seraya menjelaskan bahwa anggotanya sudah tersebar di seantero Nusantara.

Tak lupa Lilih memperkenalkan tim dokter yang menyertai BSC yakni dr. Gigih Pramono SpBS, dr. Agus Khairul Anab SpBS, dan dr. Bambang Kusnardi, SpS, disertai Direktur RS Bedah Surabaya dr. Widorini.

Acara juga diisi oleh dr. Johan Wirawan SpBP yang satu angkatan dengan dr. M. Sofyanto SpBS, memberikan pengetahuan tentang bedah plastik.

Ada juga Jonny Mardizal, staf Kemenegpora yang mengutarakan pengalamannya saat menderita wajah merot (hemifacial spasm). Jonny menyatakan bersyukur bisa sembuh, karena ia seperti juga Jos sudah keliling dunia mencari kesembuhan.

IMG 7420

Selain pembahasan tentang pengalaman mantan pasien dari pembicara – pembicara di gathering itu ada beberapa peserta yang berpartisipasi untuk bertanya seputar beberapa penyakit di sesi tanya jawab dalam acara itu, dan para dokter maupun mantan pasien yang tengah berbagi pengalamannya kepada para peserta menjawab pertanyaan peserta dengan antusias.

IMG 7466

Acara gathering ini merupakan kegiatan rutin BSC , kumpulan dari mantan pasien yang sudah berhasil menjalani operasi akibat penyakit trigeminal neuralgia (gangguan saraf kelima) yang menyebabkan kesakitan luar biasa pada wajah penderita, hemifacial spasme (wajah merot) akibat gangguan pada saraf ketujuh, spondylosis cervical (kecetit batang leher), spondylosis lumbal (kecetit pinggang) yang di dalamnya di isi oleh presentasi –presentasi dr. Sofyanto dan teman sejawatnya yang terlibat dalam acara itu.

Seusai presentasi, diputarkan video operasi dengan teknik baru yang dinamakan key hole. Peserta pun banyak yang rasan-rasan bahwa operasi itu kelihatannya mudah, tanpa luka, tanpa jahitan dan tanpa perdarahan.

Acara ditutup dengan tanya jawab namun hanya sedikit waktu yang tersedia sehingga tidak menampung banyak keingintahuan peserta. "Wah mestinya ada waktu, untuk tanya jawab atau diskusi dengan para dokter selesai gathering," celetuk salah satu dokter muda.

Memang tidak seperti biasanya, karena keterbatasan waktu, acara langsung ditutup dan rombongan BSC dari Surabaya berkemas kembali ke Surabaya karena acara gathering di tempat lain ada beberapa saat waktu diskusi dengan peserta.(RR)

 

 

 

 

New Member

Sulihan Wijaya

sulihan-tn

Nama           : Sulihan Wijaya

Asal             : Jakarta

Lama Sakit   : 3 Tahun

Sisi Wajah    : Kiri

Story

Saya Lebih Banyak Bertafakur

untung-s-radjab

Oleh : Irjen Pol (Purn) Untung S. Radjab bersama Istri

Setelah pensiun dari jabatannya di institusi Polri yang sudah puluhan tahun diembannya kini Irjen  Pol (Purn)  Dr. Untung S. Radjab,  lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan keagaaman.

Read more...

Affiliation

  • Komunitas Hemifacial Spasm Indonesia
  • Comprehensive Brain & Spine Center
  • Komunitas Cervical Indonesia
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
65
Tampilan bagus, isi bagus.
2
42
Tampilan kurang, isi kurang.
3
40
Tampilan bagus, isi kurang.
4
23
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

ROKSTORIES ERROR: File not found: images/pict_artikel/sov.%20the%20soerabaja.png

peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

 Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula

surabaya

        Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...

sov. the soerabaja

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya. Terinspirasi dari lingkungan Mahasiswa Ubaya menyalurkan ide kreatifnya untuk membuat souvenir khas Surabaya yang dinamakan “The Soerabaja”

Read more...