• Untung Masih Beruntung Ikhtiar mencari kesembuhan adalah suatu keharusan. Tak ada kata menyerah untuk mencari kesembuhan....
  • Buletin TN 4/2012 Telah diterbitkan buletin edisi ke-4 2012 Trigeminal Neuralgia Indonesia
  • Trigeminal Neuralgia ? Penderitaan nyeri di gusi, gigi, wajah yang tidak tertahankan, diluar batas kemampuan menahan nyeri...
  • Profil Dokter Kami memahami dengan baik kebutuhan pelayanan bedah saraf secara personal dengan fasilitas kedokteran yang canggih dan ...
  • Profil Pembimbing Seorang ahli bedah saraf memiliki tanggung jawab sangat besar "secara fisik yang saya bedah memang otak, tapi....

oleh : G. Pramono, dr.SpBS

Trigeminal Neuralgia (TN) merupakan suatu keluhan serangan nyeri wajah satu sisi yang berulang. Serangan TN dapat berlangsung dalam beberapa detik sampai menit. Beberapa orang merasakan sakit ringan, Tekadang terasa seperti ditusuk. Sementara yang lain merasakan nyeri yang cukup berat, seperti nyeri saat terkena setrum listrik.

Prevalensi penyakit ini diperkirakan sekitar 107.5 pada pria dan 200.2 pada wanita per satu juta populasi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada sisi kanan wajah dibandingkan dengan sisi kiri (rasio 3:2), dan merupakan penyakit pada kelompok usia dewasa (dekade enam sampai tujuh). Kendati demikian, ada juga penderita dibawah usia 40 tahun yang terkena penyakit ini, yaitu hanya 10 % (Anurogo, Dito, Apa Itu Trigeminal Neuralgia. www.kompasiana.com). Trigeminal Neuralgia dapat terjadi akibat berbagai kondisi yang melibatkan sistem persarafan trigeminus (saraf nomor 5, sensoris).

Pada kebanyakan kasus, penekanan oleh salah satu arteri di dekatnya yang mengalami pemanjangan seiring dengan perjalanan usia, tepat pada pangkal tempat keluarnya saraf ini dari batang otak. Lima sampai delapan persen kasus disebabkan oleh adanya tumor benigna (jinak), di daerah antara otak kecil dan batang otak (serebelo-pontin) tumor epidermoid, atau neurinoma akustik. Nyeri bisa terjadi secara spontan, tetapi lebih sering timbul karena tersentuhnya titik tertentu (titik pemicu) atau karena aktivitas tertentu (misalnya menggosok gigi atau mengunyah). Serangan ulang dari nyeri yang luar biasa bisa dirasakan di setiap bagian pada wajah bagian bawah. Nyeri paling sering dirasakan di pipi dekat hidung atau di daerah rahang.

Biasanya terjadi perbaikan spontan, tetapi serangan nyeri bisa kambuh setiap saat. Pada keadaan ini pembedahan adalah satu-satunya cara untuk memisahkan arteri dari saraf sehingga sumber dari nyeri bisa dihilangkan. Trigeminal Neuralgia merupakan penyakit yang relatif jarang, tetapi sangat mengganggu kenyamanan hidup penderita, pengobatan sementara waktu bisa diberikan obat seperti carbamazepine, gabapentin atau oxycarbamazepine yang dapat mengurangi frekuensi ataupun intensitas nyeri trigeminal. Obat ini akan memblokade sinyal nyeri yang dikirim ke otak, sehingga nyeri berkurang, hanya saja banyak orang yang tidak mengetahui dan menyalahartikan TN sebagai nyeri yang ditimbulkan karena kelainan pada gigi, sehingga pengobatan yang dilakukan tidaklah tuntas. Komunikasi antardokter, dokter ahli dan dokter gigi sangat membantu pasien menemukan penyembuhan.

New Member

Sulihan Wijaya

sulihan-tn

Nama           : Sulihan Wijaya

Asal             : Jakarta

Lama Sakit   : 3 Tahun

Sisi Wajah    : Kiri

Story

Saya Lebih Banyak Bertafakur

untung-s-radjab

Oleh : Irjen Pol (Purn) Untung S. Radjab bersama Istri

Setelah pensiun dari jabatannya di institusi Polri yang sudah puluhan tahun diembannya kini Irjen  Pol (Purn)  Dr. Untung S. Radjab,  lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan keagaaman.

Read more...

Affiliation

  • Komunitas Cervical Indonesia
  • Komunitas Hemifacial Spasm Indonesia
  • Comprehensive Brain & Spine Center
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
90
Tampilan bagus, isi bagus.
2
59
Tampilan kurang, isi kurang.
3
52
Tampilan bagus, isi kurang.
4
34
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

ROKSTORIES ERROR: File not found: images/pict_artikel/sov.%20the%20soerabaja.png

peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

 Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula

surabaya

        Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...

sov. the soerabaja

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya. Terinspirasi dari lingkungan Mahasiswa Ubaya menyalurkan ide kreatifnya untuk membuat souvenir khas Surabaya yang dinamakan “The Soerabaja”

Read more...