Articles

Oleh : Prof. Drg. Coen Pramono D. SU., Sp.BM (K)

Nyeri gigi sering menimbulkan masalah yang sangat mengganggu, keluhan nyeri gigi ternyata tidak selalu berasal Ndari gigi itu sendiri tetapi dapat terjadi karena gangguan pada saraf trigeminal. Bila hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin baik penderita maupun dokter gigi sulit menentukan mengapa gigi menjadi sakit padahal gigi normal, kelainan semacam ini dikenal dengan Trigeminal Neuralgia.

Sebagai contoh ekstrim, seorang penderita 24 tahun datang dengan keadaan gigi-gigi rahang atas dan rahang bawah sudah habis dicabut semua, namun keluhan nyeri tetap saja bahkan dirasakan nyeri berpindah ke tulang rahangnya seperti ada tulang yang tajam, dan penderita minta kepada dokter gigi agar tulang-tulang rahangnya dihaluskan.

Dokter Gigi yang merawatnya tidak memahami bahwa sebenarnya penderita tersebut mengalami Trigeminal Neuralgia, oleh sebab itu bila sakit gigi yang tidak diketemukan adanya masalah pada gigi, maka patut dicurigai kemungkinan menderita Trigeminal Neuralgia. Guna menegakkan diagnosa dapat dilakukan dengan pemberian Carbamezepine dua sampai tiga kali 50 mg per hari pada umumnya nyeri berkurang atau hilang, maka hampir dipastikan bahwa sakit yang dihadapi tersebut merupakan kasus di bidang saraf atau bedah saraf. Sehingga dokter spesialis saraf atau bedah saraf akan lebih berkompeten menangani masalah ini.

Diperkirakan 1 orang dari 15.000 penduduk menderita Trigeminal Neuralgia, meskipun angka tersebut sebenarnya jauh lebih tinggi karena sering terjadi kesalahan diagnosa. Pada umumnya gejala mulai timbul di atas usia 50 tahun, wanita lebih sering dibanding pria, dan penyakit ini lebih sering diderita pada sisi kanan wajah dibanding sisi kiri wajah. (bersambung)

Affiliation

  • Comprehensive Brain & Spine Center
  • Komunitas Hemifacial Spasm Indonesia
  • Komunitas Cervical Indonesia
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
92
Tampilan bagus, isi bagus.
2
60
Tampilan kurang, isi kurang.
3
54
Tampilan bagus, isi kurang.
4
35
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

ROKSTORIES ERROR: File not found: images/pict_artikel/sov.%20the%20soerabaja.png

peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

 Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula

surabaya

        Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...

sov. the soerabaja

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya. Terinspirasi dari lingkungan Mahasiswa Ubaya menyalurkan ide kreatifnya untuk membuat souvenir khas Surabaya yang dinamakan “The Soerabaja”

Read more...