Palembang- Kebiasaan berobat ke luar negeri sepertinya mulai berubah di Pelembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Paling tidak, untuk kasus gangguan wajah, pengusaha Palembang yang memilih berobat ke Surabaya semakin banyak.

Gangguan wajah yang dimaksud antara lain, hemifacial spasm (wajah merot), trigeminal neuralgia (nyeri wajah), dan gangguan cervical (kecetit leher). Menurut dr Asnawi Taslim SpAkp, Spesialis Akupuntur Medic, sekitar dua persen diantara dua juta penduduk Palembang menderita gangguan nyeri wajah. "Mereka umumnya menahan sakit hingga mondar - mandir ke luar negeri. Tak jarang kondisi itu membuat pasien putus asa", tutur dia.

Belakangan, mereka mendapat informasi bahwa penyakit tersebut bisa diatasi di Surabaya. Sejak itu, penderita penyakit HFS, TN dan Cervical tidak lagi berobat ke luar negeri. “Beberapa bulan terakhir tiap minggu satu atau dua pasien gangguan wajah dari Palembang menjalani pembedahan di Surabaya”, kata dr. M. Sofyanto Sp.BS, spesialis bedah saraf dari RS.Bedah Surabaya yang baru saja diminta menjadi pembicara dalam gathering Brain and Spine Community di Selebrity Resto, Palembang.

Sayang, menurut Asnawi merujuk pasien ke Surabaya bukan tanpa kendala. Salah sau hambatan adalah jarak yang cukup jauh. “Pasien sering mengeluh tentang belum adanya penerbangan langsung Palembang-Surabaya. Padahal, kalau harus transit di Jakarta, itu cukup berat bagi mereka,” tutur anggota Pengurus Daerah Akupuntur Medik Indonesia (PDAMI) itu.

Affiliation

  • Komunitas Hemifacial Spasm Indonesia
  • Comprehensive Brain & Spine Center
  • Komunitas Cervical Indonesia
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
92
Tampilan bagus, isi bagus.
2
60
Tampilan kurang, isi kurang.
3
54
Tampilan bagus, isi kurang.
4
35
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

ROKSTORIES ERROR: File not found: images/pict_artikel/sov.%20the%20soerabaja.png

peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

 Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula

surabaya

        Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...

sov. the soerabaja

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya. Terinspirasi dari lingkungan Mahasiswa Ubaya menyalurkan ide kreatifnya untuk membuat souvenir khas Surabaya yang dinamakan “The Soerabaja”

Read more...