agustina-tn

Oleh Agustina Tjakra - Jakarta

Senyum sumringah menghias wajah Agustina Tjakra pasien Trigeminal Neuralgia (TN) dari Jakarta ini, 

terlihat saat ditemui tim Brain & Spine Community 19 Januari 2013. Operasi sakit Agustina dilaksanakan pada 16 Januari 2013. “Sekarang saya sudah sehat sudah bisa jalan – jalan dan leluasa untuk makan dan minum”, katanya dengan tertawa kecil.

Agustina menderita sakit TN sudah lebih dari 11 tahun. “Gejala awal yang saya rasakan itu saat saya pegang dahi saya sedikit saja sudah terasa sakit lama – lama pipi saya ikut terasa sakit dan nyeri”, tutur Agustina sembari memegangi dahi dan pipinya sebelah kanan.

Wanita berusia 65 tahun ini tidak mengenal kata menyerah, ia terus berjuang demi kesembuhannya, karena rasa sakit yang ia rasakan semakin menyiksa dirinya. Dari nyeri di kulit dahi dan wajahnya sebelah kanan ia juga jadi terbatas untuk bergerak dan berbicara. “Makan susah, minum susah badan saya juga ikut lemas tidak ada semangat sama sekali”, kata Agustina.

Tidak hanya satu dokter saraf yang didatangi oleh Agustina, ia terus berganti dokter saat ia merasa belum mendapatkan hasil. Tidak berbeda dengan pasien TN lainnya Agustina juga mengonsumsi tregetol yang bisa mengurangi rasa sakitnya dari dokter.

Titik terang didapat Agustina dari salah satu dokter saraf yang ditemuinya  di Jakarta yang menyarankan Agustina  mengonsultasikan sakitnya kepada dr. Sofyanto SpBS.

Dua hari pasca – operasi Agustina masih terlihat lemas di atas tempat tidur rumah sakit. “Saya masih pusing tidak bisa tidur dan tidak nafsu makan,” ujar Agustina berusaha menyampaikan kondisinya kepada tim BSC yang mengunjunginya di kamar pasien.

Namun keluhan Agustina tidak berlangsung lama, satu hari kemudian ia sudah merasa sehat, dan semangat dalam dirinya muncul kembali. “Mungkin memang sudah diatur oleh Tuhan saya berobat di sini dan dioperasi oleh dr. Sofyanto”, terang Agustina.

Perasaan senang begitu terlihat di raut wajah Agustina. Ia sampai mengirimkan foto terbarunya kepada keluarganya yang di Jakarta sebagai pesan bahwa ia sekarang sudah sehat kembali tanpa rasa sakit dan nyeri yang menyiksanya selama ini. (shifa)

Affiliation

  • Komunitas Cervical Indonesia
  • Comprehensive Brain & Spine Center
  • Komunitas Hemifacial Spasm Indonesia
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
65
Tampilan bagus, isi bagus.
2
42
Tampilan kurang, isi kurang.
3
40
Tampilan bagus, isi kurang.
4
23
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

ROKSTORIES ERROR: File not found: images/pict_artikel/sov.%20the%20soerabaja.png

peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

 Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula

surabaya

        Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...

sov. the soerabaja

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya. Terinspirasi dari lingkungan Mahasiswa Ubaya menyalurkan ide kreatifnya untuk membuat souvenir khas Surabaya yang dinamakan “The Soerabaja”

Read more...