sinta1 - tn

Oleh : Sinta Tiur Pardede, Medan

Tidak banyak orang yang tau dengan sakit yang di sebut dengan Trigeminal Neuralgia. Sakit yang menyerang separuh wajah ini menimbulkan dugaan – dugaan tertentu. Seperti Sinta (77) penderita TN dari Medan yang menduga sakitnya adalah sakit gigi yang luar biasa, di mana sakit itu benar – benar tidak bisa ditahan dalam waktu empat bulan terakhir ini.

Sakit yang dirasakan Sinta datang secara tiba – tiba. TN menyerang separuh wajahnya langsung dengan sakit yang luar biasa. Ia sampai merasa geram dengan nyeri yang timbul di separuh wajah kanannya itu. “Rasanya seperti di tusuk – tusuk oleh seribu jarum,” kenang Sinta dengan mengeramkan kedua tangannya.

Sebelumnya wanita asal Medan itu tidak pernah tau kalau sakit yang mendekam dalam separuh wajah kanannya adalah Trigeminal Neuralgia. “Pertama kali saya ke dokter untuk periksa saya dirujuk ke dokter gigi, tapi kata dokter gigi saya tidak ada masalah, tapi saya tetap diberi obat sakit gigi”, cerita Sinta.

Usai dari dokter gigi sakit yang dirasakan Ibu delapan anak. ini tidak kunjung sembuh, akhirnya dia memutuskan lagi untuk pergi ke dokter. Sinta sampai teriak – teriak karena tidak tahan dengan sakitnya, karena ia tak bisa tenang akhirnya dokter memutuskan untuk memberikan obat penenang. “Kalau saya sudah disuntik dengan obat penenang saya baru diam, langsung lemas dan tertidur,” tuturnya.

Sinta sampai harus diopname di Rumah Sakit karena nyeri pada separuh wajah kanannya tak reda juga. Ia hampir menyerah dengan keberadaan TN dalam separuh wajahnya itu. “saat sakit itu menyerang dengan rasa yang luar biasa saya sampai bilang mati aku Tuhan mati aku Tuhan dengan mendekam kedua tangan anak saya”, jelas sinta dengan mata yang berkaca – kaca.

Karena tidak ada penyelesaian akhirnya Sinta dirujuk ke Surabaya oleh dokter di Medan untuk penyembuhan sakitnya. Ia sempat terpaku karena baginya Surabaya tidak dekat dengan tempat  tinggalnya. Untuk memantapkan hatinya salah satu anak Sinta membuka internet untuk menggali informasi lebih lanjut tentang pengobatan di Surabaya.

Dengan bermodal keyakinan untuk sembuh Ibu delapan anak ini mengatur jadwal konsultasi dengan dr. M. Sofyanto, SpBS kemudian terbang ke Surabaya.

Pada 20 Februari 2013 operasi  Sinta dilangsungkan di RS. Bedah Surabaya. Wajahnya terlihat bahagia saat ia sudah tidak merasakan nyeri di separuh wajah kanannya. “Sekarang sudah tidak sakit lagi tapi masih sedikit takut,” tutur Sinta dengan tersenyum.

Nenek 18 cucu ini sudah siap pulang ke kota asalnya Medan dengan semangat yang tinggi, karena kepergiannya ke Surabaya membuahkan hasil yang sangat memuaskan. “saya senang sekali tidak ada lagi rasa ditusuk – tusuk oleh jarum dan semoga saya diberikan umur panjang olehh Tuhan”, ungkapnya dengan mengelus pipi kanannya.(ifa)

Affiliation

  • Comprehensive Brain & Spine Center
  • Komunitas Cervical Indonesia
  • Komunitas Hemifacial Spasm Indonesia
Previous Next

Polling

New Website

Bagaimana pendapat anda tentang tampilan baru website ini?

1
65
Tampilan bagus, isi bagus.
2
42
Tampilan kurang, isi kurang.
3
40
Tampilan bagus, isi kurang.
4
23
Tampilan kurang, isi bagus.
5 Votes left

Surabaya Corner

ROKSTORIES ERROR: File not found: images/pict_artikel/sov.%20the%20soerabaja.png

peta-surabaya

Surabaya atau lebih dikenal sebagai Kota Pahlawan dengan pertempuran heroik nya yang terjadi di tahun 1945 antara Pejuang-pejuang Arek-Arek Suroboyo melawan tentara Inggris.

Read more...

 Jadi Tempat Nongkrong Anak Muda Sampai Fasilitas Manula

surabaya

        Kota Surabaya saat ini tidak hanya dikenal dengan kebersihan dan kerapiannya saja tapi juga dikenal memiliki puluhan taman indah yang tersebar di berbagai penjuru kota. Taman yang lengkap dengan aneka bunga tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota tapi sekaligus menjadi tempat wisata bagi warga.

Read more...

sov. the soerabaja

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata belum memiliki souvenir yang benar – benar khas Surabaya. Terinspirasi dari lingkungan Mahasiswa Ubaya menyalurkan ide kreatifnya untuk membuat souvenir khas Surabaya yang dinamakan “The Soerabaja”

Read more...